Monday 30 January 2017

PENGERTIAN PENATAAN RAMBUT


PENGERTIAN PENATAAN
Penataan mengandung pengertian luas dan sempit. Berikut penjelasannya :
1.      Penataan dalam pengertian luas.
Penataan dalam pengertian ini meliputi semua tahap dan semua segi yang dapat memberikan kepada seseorang dalam rangka memperindah penampilan pribadinya melalui pengaturan rambutnya. Dalam hal ini, pengaturan rambut adalah meliputi proses pencucian, pemangkasan, pengeritingan, pewarnaan, pengelurusan,  pratata dan penataan itu sendiri.
2.      Penataan dalam pengertian sempit.
Penataan dala pengertian ini adalah tindakan memperindah bentuk rambut sebagai tahap akhir proses penataan rambut dalam arti yang luas. Pada umumnya tindakan ini meliputi penyisiran, penyanggulan dan penempatan berbagai jenis hiasan rambut baik secara sendiri-sendiri maupun sebagai suatu keseluruhan.
Penataan merupakan tahap terakhir, maka hal ini menempati kedudukan penentu. Pada akhirnya, ia akan menentukan berhasil tidaknya tujuan yang hendak dicapai, dengan serangkaian proses penanganan rambut itu sendiri secara keseluruhan.
Penataan harus mendasarkan diri pada pemangkasan dan pratata, juga penataan justru harus dapat memperhitungkan beberapa faktor yang masih dapat diabaikan dalam tahap pemangkasan tahap pratata yang mendahuluinya. Faktor-faktor yang dimaksud antara lain adalah: tata busana, penampilan khusus, serta jika mungkin juga sifat-sifat kepribadian yang terpancar keluar dari model yang bersangkutan.
Sebuah wajah dikatakan berbentuk oval, apabila kita tarik empat buah garis horizontal yang menyinggung ujung dagu, ujung hidung, tepi atas kelopak mata dan ujung luar dahi, maka keempat buah garis sejajar itu akan mempunyai jarak yang sama antara satu dengan yang lainnya. Kemudian jika dari sisi sebelah dalam biji mata ditarik garis-garis vertikal maka kedua garis tersebut akan jatuh tepat menyinggung kedua sudut bibir kita dalam keadaan tidak ketawa. ( lihat gambar 56 di bawah ini ). Ini adalah sebuah bentuk wajah oval yang paling sempurna, tetapi sulit dijumpai dalam realitanya.












Gambar 56. Bentuk wajah oval sempurna

Bentuk oval sempurna memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
-    Jika ditarik pada :
(a)      Garis a akan menyinggung ujung luar dahi
(b)      Garis b yang menyinggung tepi atas kelopak mata
(c)      Garis c yang menyinggung cuping hidung
(d)     Garis d yang menyinggung ujung luar dagu
Maka jarak keempat garis tersebut adalah sama.
-          Jika ditarik pada garis e dan f dari sebelah dalam iris mata tegak lurus ke bawah maka kedua garis tersebut akan menyinggung sudut luar mulut dalam keadaan tidak tersenyum.

Namun demikian, bentuk dan volume tata rambut yang dibuat, maksimal harus dapat menimbulkan kesan bentuk oval pada wajah model dan minimal tidak akan mempertajam bentuk wajah model yang kurang ideal itu.
Sketsa-sketsa yang sengaja dibuat mengikuti bentuk-bentuk dalam ilmu ukur dengan maksud agar mudah dilihat bagaimana keseimbangan antara bentuk dan volume tata rambut berperan terhadap bentuk wajah seseorang.

No comments:

Post a Comment